Advertisement Here

contact 085727600453

Selasa, 24 Juni 2014

Ekosistem

Ekosistem adalah kesatuan interaksi yang seimbang antara komponen biotik dan komponen abiotik dalam suatu habitat.
Komponen penyusun ekosistem dibagi menjadi 2 yakni komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik adalah komponen hidup yang berada di alam meliputi semua makhluk hidup, seperti hewan, tumbuhan, mikroorganisme, dan manusia. Sedangkan komponen abiotik adalah komponen tak hidup yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup contohnya cahaya, suhu, udara, air, tanah, dan topografi.
Di dalam komponen biotik terdapat tingkatan kelompok makhluk hidup yang menetap di bumi ini:
1. Individu, tingkatan ini adalah tingkatan terbawah kelompok makhluk hidup. Saat masih di dalam rahim ataupun baru saja lahir semua makhluk hidup sudah mempunyai tingkatan ini.
2. Populasi, tingkatan ini adalah tingkatan kedua kelompok makhluk hidup. Tingkatan populasi ini cenderung dalam suatu spesies yang sama contohnya kumpulan burung merpati, kumpulan harimau putih, dsb.
3. Komunitas, tingkatan ketiga kelompok makhluk hidup ini sudah cukup luas cakupannya daripada populasi karena di suatu komunitas bukan hanya satu spesies saja yang berkelompok tetapi lebih dari satu spesies yang berkelompok.
4. Bioma, tingkatan ini adalah tingkatan pembagian suatu ekosistem. Contohnya bioma hutan gugur, bioma taiga, bioma tundra, bioma savana, bioma hutan hujan tropis, dan bioma gurun.
5. Ekosistem, tingkatan ini mencakup komponen biotik dan komponen abiotik. Ekosistem di bagi menjadi 2 yakni ekosistem darat dan ekosistem laut.
Sedangkan di dalam komponen abiotik terdapat unsur-unsur yang sangat dibutuhkan manusia:
1. Cahaya, cahaya sangat diperlukan bagi seluruh makhluk hidup yang berada di bumi ini, tetapi ada juga makhluk hidup yang tidak membutuhkan cahaya sebagai kebutuhannya contohnya adalah binatang nokturnal yang hanya bisa mencari mangsa di malam hari dan di saat siang dihabiskan untuk tidur. Tumbuhan juga memerlukan cahaya sebagai bahan untuk berfotosintesis. Penyumbang cahaya terbesar adalah Matahari.
2. Suhu, suhu adalah suatu pengukuran udara yang dirasakan oleh indra peraba makhluk hidup seperti panas, dingin, sejuk, dls. Suhu sangat diperlukan makhluk hidup karena suhu sangat mempengaruhi makhluk hidup untuk kapan mencari mangsa, kapan untuk beristirahat, kapan untuk bertelur, dan kapan untuk berimigrasi.
3. Udara, udara terdiri dari nitrogen (78%), oksigen (21%), dan gas-gas lainnya. Udara dibutuhkan untuk proses bernapas (respirasi) makhluk hidup.
4. Air, air merupakan komponen abiotik yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup maupun makhluk tak hidup agar suhu yang berada di dalam tubuh stabil dan tidak mengalami dehidrasi (kekurangan air) yang dapat menyebabkan kematian.
5. Tanah, komponen abiotik ini banyak digunakan untuk berhuni atau bertempat tinggal dan untuk berkembang biak makhluk daratan dan tumbuhan.
6. Topografi, topografi atau ketinggian tempat berpengaruh langsung terhadap kadar oksigen dan tekanan udara. Semakin tinggi suatu tempat, tekanan udara dan kadar oksigen akan semakin berkurang.

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut

Comments

Silahkan Diisi

Nama

Email *

Pesan *