Advertisement Here

contact 085727600453

Selasa, 24 Juni 2014

Daur Fosfor dan Daur Sulfur

Daur Fosfor

Simbol fosfor dalam unsur kimia diwakili oleh huruf  : P (Phosphor). Di alam fosfor bersenyawa dengan unsur lain membentuk ion-ion fosfat anorganik (PO4). Tumbuhan hanya menyerap fosfor dalam bentuk senyawa fosfat.
Fungsi Forfor:
1.Sebagai bahan pembentukan tulang pada hewan
2.Penyusun protein, inti sel dan dinding sel
3.Pembentuk senyawa berenergi tinggi (ATP)
4.Sebagai komponen penyusun asam nukleat (RNA dan DNA)




  • Di dalam ekosistem air, juga terjadi daur fosfor. Fosfat yang terlarut di dalam air diserap oleh ganggang dan tumbuhan air. Ikan-ikan mendapatkan fosfat melalui rantai makanan. Dekomposer menguraikan organisme air yang mati serta hasil ekskresinya menjadi fosfat anorganik.
  • Selain hasil urai dekomposer, sumber fosfat dalam air berasal dari pelapukan batuan mineral (endapan batuan fosfat, fosil tulang) yang hanyut di perairan. Fosfat yang terlarut di lautan dalam akan membentuk endapan fosfor.  Endapan ini tidak dapat dimanfaatkan lagi karena tidak ada arus air di perairan dalam. Fosfat yang terlarut di perairan dangkal teraduk oleh arus air sehingga menyuburkan ekosistem. Ekosistem yang subur menjadi tempat hidup bagi banyak biota air.
  • Terjadi penimbunan fosfor karena penumpukan kotoran burung guano. Burung guano adalah spesies burung laut yang memangsa ikan-ikan laut. Gerombolan burung ini membawa kembali fosfat dari laut menuju darat melalui feses.

 Daur Sulfur

Unsur kimia belerang atau sulfur disimbolkan dengan huruf “S” (sulfur). Ada yang berbentuk gas seperti hidrogen sulfida (H2S). Ada juga yang terlarut dalam air sebagai ion sulfat (SO4).
Gas belerang dapat digunakan sebagai indikator kebocoran tabung gas. Tabung elpiji sebenarnya mengandung gas metana yang tidak terlihat dan tidak berbau sehingga bisa berbahaya bila tabung gas bocor. Perusahaan industri sengaja memasukkan campuran sulfida busuk agar gas elpiji yang bocor tercium. Dengan begitu pengguna gas elpiji bisa langsung melakukan tindakan pengamanan.


 
  • Bila proses penguraiannya terjadi secara anaerob maka akan terbentuk senyawa sulfida yang busuk dan beracun. Senyawa busuk ini juga dihasilkan secara anaerob dari reduksi sulfat oleh bakteri sulfur. Contoh bakteri sulfur misalnya Sulfolobus sp.
  • Ada juga bakteri yang merugikan kesuburan tanah karena mengubah sulfat menjadi asam sulfida sampai menjadi belerang (desulfurikasi). Contoh: Spirrillum desulfuricant.
  • Makhlukhidup yang tertimbun selama berjuta-juta tahun menjadi bahan bakar fosil yang mengandung sulfur. Gas sulfur akan dihasilkan tiap kali terjadi bahan bakar fosil digunakan.
  • Sulfatyang larut di perairan juga bisa naik ke atmosfer saat terjadi penguapan (daur air).

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut

Comments

Silahkan Diisi

Nama

Email *

Pesan *